Minum Teh Di Promenade Cafe

Catatan kali ini merupakan yang kedua setelah catatan pertama saya mengenai perjalanan saya mengikuti Oriflame’s Gold Cruise 2014. Kalau Anda melewatkan catatan saya sebelumnya silahkan baca dulu:

Catatan Perjalanan Oriflame’s Gold Cruise 2014 #1

Catatan hari kedua ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya ketika telah sampai di Barcelona, Spanyol setelah penerbangan kurang lebih 15 jam an dari Singapura. Begitu sampai di Bandara Barcelona, rasanya sudah tidak sabar lagi pengen cepat-cepat ngeliat kapal pesiar Royal Caribbean, Liberty of the Seas. Sebesar apa sih kapalnya? Apakah sebesar bayangan saya setelah melihat gambar-gambarnya selama ini.

Minggu, 21 September 2014

Kami mendarat di Barcelona sekitar pukul 10 pagi waktu setempat. Agak capek memang, setelah penerbangan yang cukup lama tersebut, tapi tetap antusias ingin cepat-cepat melihat kapal pesiarnya. Di bandara Barcelona kita sudah dinanti oleh petugas Oriflame yang akan membimbing kita dalam mengatur koper-koper dan naik bis yang akan mengantar ke kapal di pelabuhan Barcelona.

Bandara Barcelona

Yang berdatangan di Bandara Barcelona bukan hanya konsultan Oriflame dari Indonesia, akan tetapi juga dari negara-negara lain. Setelah selesai dengan urusan luggage tag untuk naik kapal, akhirnya kami naik bis yang akan mengantar kami ke kapal pesiar di pelabuhan Barcelona. Jarak Bandara dan Pelabuhan ternyata tidak terlalu jauh, tidak sampai satu jam kami sudah sampai.

Kapal Pesiar di Pelabuhan Barcelona

Menjelang sampai di Pelabuhan, mata semua penumpang di bus sudah terbelalak melihat jejeran kapal pesiar yang besar-besar sedang bersandar di pelabuhan. Hampir semua berteriak wow dan excited banget pengen cepat2 naik kapal.

Turun dari bus, kami hanya membawa koper kecil masing-masing, karena koper besar sudah diurus sama petugas kapal dan akan diantar ke kamar kami masing-masing. Setelah itu kami langsung antri untuk melakukan check in untuk mendapatkan Sea Pass dan kami juga diberi goodie bag yang berisi Brosur agenda kegiatan Gold Cruise, T-shirt, dan handuk.

Goodie Bag Oriflame's Gold Cruise 2014

Isi Goodie Bag Oriflame’s Gold Cruise 2014

Sea Pass - Royal Caribbean, Liberty of the Seas

Sea Pass – Royal Caribbean, Liberty of the Seas

Sea Pass adalah semacam tiket kita untuk turun naik kapal. Sea Pass akan di scan oleh petugas kapal saat kita mau naik mau pun turun kapal. Fungsinya mungkin sekaligus sebagai alat absen, agar orang kapal pesiarnya mengetahui posisi kita, apakah di atas kapal atau di darat. Pada Sea Pass tercantum nama restoran tempat makan malam kita setiap malamnya dan juga lokasi meeting point kita saat terjadi situasi darurat di kapal. Saya dan suami dapat meeting point di B11. Pada pukul 15.30 semua penumpang harus berkumpul di meeting point masing-masing untuk mendapatkan pengarahan keselamatan dari crew kapal.

Setelah proses check in, saya dan suami langsung menuju kamar kami di dek 8 nomor 278. Kebetulan kami memperoleh kamar yang memiliki balkon ke arah laut. Silahkan tonton video di bawah ini untuk melihat situasi kamar kami di atas kapal pesiar Royal Caribbean – Liberty of the Seas.

Koper besar kami akhirnya sampai di depan pintu kamar tidak lama kemudian. Koper-koper tersebut hanya kami masukkan saja ke dalam kamar, karena kami harus segera bersiap-siap untuk safety briefing pukul 15.30. Kami juga belum sempat berfoto-foto di pelabuhan Barcelona, saya dan suami memutuskan untuk turun lagi ke pelabuhan sebelum briefing tersebut. Kesan pertama kami di pelabuhan Barcelona adalah rapi dan teratur, pelabuhannya dikelola dengan baik. Tidak salah kalau banyak kapal-kapal pesiar yang berlabuh untuk memulai dan mengakhiri pelayaran mereka di pelabuhan ini.

Uc apan selamat datang di Pelabuhan Barcelona

Ucapan selamat datang di Pelabuhan Barcelona

Counter Check In di Pelabuhan Barcelona

Setelah berkeliling pelabuhan dan sedikit jalan-jalan di atas kapal, saya dan suami siap-siap untuk menghadiri Welcome Dinner dari Oriflame di Restaurant Michelangelo di dek 4 kapal. Sebelum turun ke restoran, kami mampir dulu ke dek 5 yang berisikan cafe-cafe dan toko-toko, sehingga tampilannya lebih seperti mall dari pada ruangan sebuah kapal. Kami sempat minum teh dan makan beberapa biskuit enak serta gratis yang tersedia di beberapa cafe yang ada.

Royal Promenade yang lebih terlihat seperti di mall daripada di kapal

Minum teh di Promenade Cafe

Pada welcome dinner ini kami diharuskan pakai t-shirt yang dibagikan oleh Oriflame saat proses check ini tadi. Suasana restaurant sangat mewah, seperti restaurant-restaurant berkelas Eropa gitu. Terus terang ini adalah pengalaman pertama buat saya masuk ke restoran dengan interior semewah ini.

Suasana welcome dinner

Makan malam ini dimulai dengan hidangan pembuka dengan berbagai pilihan, ada salad dan lain-lain. Untuk main course atau hidangan utamanya memilih menu yang ada nasinya, saya lupa apa namanya… hehehe… bahasa Inggris gitu deh…. 😀 dan masih diberikan daftar menu hidangan penutup. Restoran ini menjadi tempat makan malam kami setiap malamnya. Makanan di restoran ini gratis ya… jadi kami tidak perlu bayar lagi untuk makan di sini.

Main Course - Welcome Dinner

Main Course – Welcome Dinner

Saat kami mulai memesan menu pilihan kami, kapal sudah mulai bergerak berlayar menuju pelabuhan kota Marseille di Perancis. Setelah acara welcome dinner, masih disambung dengan acara Welcome Reception di pinggir kolam renang di dek 11.

Pengalaman hari pertama naik kapal pesiar ini cukup seru dan menyenangkan, walau kondisi saya dan suami sebenarnya kurang fit, karena kami berdua lagi batuk pilek.

Cerita Gold Cruise 2014-nya dilanjut dibagian ke-3 ya….

Cerita sebelumnya:

Sri Ida Oktivira

Seorang Ibu Rumah Tangga yang menjalankan bisnis Oriflame secara online dari rumah saja. Alhamdulillaah... bisa untuk membantu membahagiakan orang-orang yang saya cintai.